Senin, 14 November 2016

Yang muda bekerja keraslah, sediakan PAYUNG untuk masa senjamu



Usia produktif adalah usia ketika seseorang masih mampu bekerja dan menghasilkan sesuatu. Pada usia ini merupakan kesempatan untuk meraih impian. Saat dimana mampu menghasilkan banyak uang. Dengan didukung oleh kondisi fisik dan otak yang masih sangat prima, kita dapat mengandalkannya untuk meraih target-target yang sudah ditetapkan. Dengan kata lain masa ini adalah masa puncak karier atau prestasi.  Puncak dari kelompok usia produktif kurang lebih antara usia 30-40 tahun.

Sebaliknya usia pensiun adalah batas seseorang bekerja secara produktif. Kelompok usia ini  berada di usia senja , kurang lebih mulai umur 60 tahun keatas.  Kondisi fisik dan otak sudah tidak prima lagi. Dengan kondisi seperti ini pengeluaran pada masa pensiun pada umumnya lebih besar dibandingkan pada masa produktif.  Jadi biasanya kebutuhan terbesarnya ya menyangkut biaya kesehatan.

Oleh karena itu penting sekali disaat usia masih produktif, sebaiknya seseorang memikirkan rencana masa depan dikala memasuki masa pensiun nanti. Idealnya pada masa pensiun seseorang sudah menikmati hasil kerja kerasnya pada masa produktif. Pada masa pensiun diharapkan seseorang sudah dibawa pada kemandirian finansial.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa sudah menjadi keharusan disaat usia masih produktif, seseorang  mulai mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya. Pada masa ini, saatnya untuk setiap bulan menyisihkan sebagian dari penghasilannya  untuk disimpan sebagai bekal hari tua nanti. Peribahasa yang tepat adalah “Sedia payung sebelum hujan”.
sumber: www.pixabay.com

                                              
Yang menjadi pertanyaan sekarang “Payung seperti apa yang akan kita pilih untuk berlindung dari “hujan” disaat hari tua nanti?

Ada 2 pilihan untuk menyimpan uang , yaitu di lembaga keuangan Perbankan (umumnya adalah produk tabungan) atau di Lembaga Keuangan Bukan Bank (pada umumnya produknya adalah asuransi/investasi). 

Pada dasarnya kedua pilihan ini sama-sama baik. Supaya apa yang dihasilkan saat masih produktif, dapat memberikan manfaat bagi kehidupan finansial kita dimasa yang akan datang, terutama saat usia senja. Karena kita tidak ada yang tau, apa yang terjadi di esok hari.

Meskipun sekarang ini banyak produk asuransi yang dibuat satu paket dengan investasi, tetapi pada dasarnya tetap tidak sama dengan menabung.

Perbedaan mendasar antara menabung di Bank dan asuransi adalah:

Menabung di Bank:
-Tujuan Utamanya untuk menyimpan dana
-Kewajiban Penyetoran : tidak ada, sehingga tidak mengikat, boleh menyetorkan dana kapanpun
-Atas Resiko sakit, kecelakaan : tidak akan  ada penggantian
-Pengambilan dana: kapan saja
-Dana yang terkumpul : kurang lebih sama dengan nilai yang disetor (selisih karena adanya pendapatan bunga, biaya administrasi, dan pajak atas pendapatan bunga)

Menabung di Asuransi
-Tujuan Utamanya untuk Proteksi (kesehatan) dan Investasi
-Kewajiban Penyetoran : Bisa bulanan, per tiga bulan, per semester, pertahun (tergantung kesepakatan yang tertuang dalam polis). Sehingga dikatakan mengikat, karena jika terlambat menyetorkan , polis akan menjadi tidak aktif. Jika Polis tidak aktif, berakibat klaim tidak akan bisa dibayarkan.
-Atas resiko sakit, kecelakaan: Ada penggantian, sesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam polis.
-Pengambilan dana: Jangka waktu tertentu (biasanya jangka panjang).
-Dana yang terkumpul : merupakan penjumlahan dari pengembalian saldo tabungan ditambah pengembangan hasil investasi (setelah dikurangi dengan biaya administrasi). Oleh karena itu jika mempunyai tujuan untuk berinvestasi, sebaiknya melakukan penyimpanan dalam jangka panjang, supaya hasilnya lebih terasa.

Dari uraian diatas, menurut saya jika tujuan awal kita adalah menyimpan uang untuk keperluan hari tua nanti(jangka panjang), maka “Payung” yang tepat untuk kita pilih adalah asuransi.

Pertimbangan utama yang mendasari keputusan itu adalah:
- Dengan adanya kewajiban penyetoran, kita akan menjadi lebih disiplin, tidak menunda-nunda untuk menyimpan, dan tidak dapat kita ambil dananya dengan mudah.
-Kita tidak dapat menduga, kapan kita akan mengalami resiko
-Nilai uang yang cenderung mengalami perubahan (meningkat) dari waktu ke waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilah inflasi.

Nah “payung” untuk menyimpan uang sudah ditentukan yaitu melalui asuransi. Kita tahu lembaga asuransi sendiri ada banyak sekali, demikian juga dengan produknya. Seringkali kita bingung harus memilih produk apa dan dari lembaga asuransi mana. 

Pertanyaan selanjutnya adalah “Payung merek apa yang akan kita pakai?”

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan  memilih  sebuah produk asuransi:
-Memilih agen yang professional : bukan sekedar agen yang hanya mengejar target, tetapi agen yang mau dan mampu membantu kita dalam keperluan berbagai macam pengurusan asuransi kedepannya, terutama yang berkaitan dengan klaim.
-Mempelajari dengan benar-benar profil dan track record perusahaan asuransi yang akan kita beli produknya, beserta perusahaan asuransi lain sebagai pembanding. Kita bisa menggali informasi dari mereka yang sudah memakai produknya.  Kita gali dari sisi pelayanan, penanganan kliam, juga kondisi keuangannya.
-Mempelajari benar-benar proposal yang dibuat oleh agen asuransi, yang biasanya dikenal dengan istilah ilustrasi. Pastikan memahami secara detail, jangan sampai ada yang terlewat. Jika ada yang kurang paham, tanyakan pada agen tersebut.
-Memilih produk yang sudah lengkap paketnya: Mencakup proteksi(asuransi jiwa,kesehatan dan kecelakaan) juga investasi.

Kini Sinarmas MSIG Life  memberikan solusi untuk membantu kita dalam mengatur keuangan, dan melakukan perencanaan keuangan sedari muda. Corporate Website Sinarmas MSIG Life  adalah www.sinarmasmsiglife.co.id . Tak kenal maka tak sayang, maka marilah kita berkenalan singkat dulu dengan Sinarmas MSIG Life supaya hati semakin mantap untuk berasuransi di Sinarmas MSIG Life.
Sinarmas MSIG Life disingkat dengan SMiLe. SMiLe dengan  arti senyum merupakan awal dari sesuatu yang indah. Brand SMiLe telah diperkenalkan kepada masyarakat luas sejak tahun 2013, bertujuan untuk meningkatkan corprate brand awareness.
Sinarmas MSIG Life adalah anak perusahaan PT. Sinar Mas Multiartha Tbk, didirikan pada tanggal 14 April 1985.  Perkembangannya didukung oleh kondisi keuangan yang sangat baik,  inovasi produk,  dan layanan nasabah serta kepemilikan jaringan bisnis yang luas.

Melayani lebih dari 790.000 nasabah individu dan kelompok di 69 kota. Tersebar di 113 kantor pemasaran dan 10.500 aparat marketing. Sinarmas MSIG Life siap menyediakan layanan terbaik untuk kebutuhan finansial para nasabahnya.

Sinarmas MSIG Life sudah berhasil meraih beberapa penghargaan, terutama ditahun 2016 ini.  Antara lain sebagai pemenang pertama kategori asuransi jiwa dengan total asset Rp 10-20 Triliun yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group. Majalah Infobank juga memberikan penghargaan yaitu sebagai unit link yang berpredikat sangat bagus, atas kinerja unit link jenis pendapatan tetap. Meraih juga peringkat III kategori digital brand asuransi jiwa yang diselenggarakan oleh Infobank Brand Award 2016.
 sumber : www.sinarmasmsiglife.co.id
sumber : www.sinarmasmsiglife.co.id



Setelah mengetahui latar belakang Sinarmas MSIG Life , dan semakin mantap untuk mempercayakan dana kita untuk berkembang disini, sekarang saatnya untuk memilih sebaiknya produk apa yang akan diambil dari sekian banyak produk-produk yang ditawarkan oleh Sinarmas MSIG Life .

Sesuai bahasan kita yaitu bagaimana agar kita pintar mengatur uang sedari muda, agar saat usia pensiun nanti kita berada dalam kemandirian finansial. Saya mengambil contoh salah satu produk yaitu  SMiLe Link 88 ditambah dengan mengambil asuransi tambahan(rider). Kita akan mendapatkan perlindungan jiwa sekaligus mempunyai kesempatan untuk berinvestasi secara fleksibel. Produk ini resikonya sangat minim, namun bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.
Untuk asuransi tambahan, kita dapat mengambil contoh produk SMiLe Hospital Protection . Produk ini manfaatnya adalah mengganti biaya rumah sakit apabila peserta menjalani rawat inap baik karena penyakit maupun kecelakaan.

Uraian tentang produk diatas, hanya merupakan salah satu contoh saja. Masih banyak produk-produk yang disediakan oleh Sinarmas MSIG Life .  Penjelasan lebih detail tentang Sinarmas MSIG Life , antara lain profil perusahaan, produk dan lain-lain dapat dilihat di corporate websitenya di www.sinarmasmsiglife.co.id .

Jadi ternyata sangat penting ya untuk kita merencanakan keuangan sejak usia muda, Yuk atur uangmu sebaik mungkin. Mulai berasuransi sedari muda akan membawa kita pada kehidupan senja yang lebih tenang ,karena sudah mendapatkan kemandirian secara finansial.  Sinarmas MSIG Life merupakan “payung” yang sangat layak dipertimbangkan.
#YukAturUangmu
 #SMiLeWithME

                                tulisan ini diikut sertakan dalam BLOG Writing Competition

7 komentar:

  1. Asuransi memang penting mba, bener kata mba maya. Sedia payung gueeedee utk jaga-jaga saat hujan dan badai datang. Kalo hanya menabung di bank, nilai mata uang tergerus inflasi. Paling aman ya asuransi sebagai investasi

    BalasHapus
  2. Betul mbak, kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Terima kasih mbak Pada atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Memang harus sedia payung ya. Siap sebelum hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak. Siapkan payung selagi masih energic. Terima kasih mbak Maya Siswadi atas kunjungannya

      Hapus
  4. Setuju banget mba, sedia payung sebelum hujan . Begitupun dengan asuransii , penting banget untuk massa skrng demi pensiun kedepan kita ya mbaa..

    BalasHapus
  5. Setuju banget mba, sedia payung sebelum hujan . Begitupun dengan asuransii , penting banget untuk massa skrng demi pensiun kedepan kita ya mbaa..

    BalasHapus
  6. Setuju mba. Masa pensiun seharusnya gak lagi mikirin uang. Yg harus dipikirin adalah gmn caranya menikmati hidup tanpa mikirin masalah uang.

    BalasHapus