Minggu, 09 Oktober 2016

KALDU LEZAT PENAMBAH SELERA MAKAN BAYI

Ketika bayi saya, Lala memasuki usia 8 bulan, menu MPASI nya semakin bertambah. Sudah saatnya saya mulai memberikan menu baru yaitu Nasi Tim Saring. Sejak awal pemberian MPASI saya berkomitmen tidak akan memberikan gula dan garam, selain itu saya juga sebisa mungkin memberikan MPASI home made.

Ada beberapa yang memberikan komentar, apakah Lala akan mau melahap makanannya dengan mudah jika tidak diberikan gula dan garam. Bagi saya mereka tidak salah berkomentar seperti itu, karena berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Ketika anak mereka dirasa makannya mulai susah akhirnya diberikan tambahan gula dan garam.

Tara.....petualangan seru dimulai niy. Tanpa gula dan garam, bukan berarti tidak ada rasanya bukan?. Di dalam tim saring yang saya buat, kuah yang saya berikan bukan sekedar air tawar biasa tanpa rasa, tetapi air kaldu. Nah....disinilah kuncinya. Saya memberikan bumbu-bumbu yang aromanya kuat, sehingga menggugah  rasa. Ini saya dapat setelah saya membaca beberapa buku resep dan browsing internet, yang pada akhirnya saya kombinasikan menurut versi saya. 

Bahan-bahan nya adalah:
-Ceker/kaki ayam 1/2 kilogram
-Wortel import 1 batang (jika tidak ada, wortel biasa juga bisa)
-Bawang putih 4 siung
-Jahe 3 cm digeprek
-Daun bawang dan seledri kira-kira 2 ikat (kalau saya beli di tukang sayur Rp 2.000,- saya pakai semua).
-4 liter air

Cara Membuat:
Campur semua bahan menjadi satu, rebus dalam api sangat kecil selama 1 jam.

Jadi deh..Hmmmm tercium wangi sekali aroma daun bawang berpadu dengan hangatnya jahe, gurihnya bawang putih dan manisnya wortel.
Mengapa saya membuatnya banyak sekali? sampai 4 liter gitu...Supaya dalam mempersiapkan setiap harinya lebih  praktis dan mempersingkat waktu, karena banyak hal yang harus saya lakukan.

Setelah dingin , saya masukkan ke dalam plastik ukuran 1 kilogram, saya isi kira-kira setengahnya. Lalu saya bekukan ke dalam Freezer.


Saat hendak memasak nasi tim, tinggal ambil deh dari Freezer.  Betapa praktis dan hemat waktu kan? . Stok kaldu ini cukup untuk kira-kira 10 hari. 


Alangkah senangnya berkat kaldu ini, Lala sampai sekarang selalu menyantap nasi tim saringnya dengan lahap.

Saya berterima kasih dan bersyukur, berkat kecanggihan teknologi dan informasi di jaman sekarang ini, salah satu dampaknya saya bisa menyajikan makanan yang sarat dengan gizi untuk bayi saya.

Salam Online Kreatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar