Rabu, 26 Oktober 2016

BERSAMA RALALI, GENERASI MUDA MEMBANGUN BANGSA



"Bangun pemudi pemuda Indonesia

Tangan bajumu singsingkan untuk Negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri"

Menjelang hari sumpah pemuda, saya selalu teringat lagu “Bangun Pemuda Pemudi”. Lirik lagu tersebut kalau kita cermati secara mendalam, sarat sekali dengan makna.  Yang paling mengesankan bagi saya adalah kata-kata “Masa yang akan datang kewajibanmu lah,
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa”.  Sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban kita sebagai generasi muda untuk membangun bangsa, untuk menjadikan masa depan Indonesia menjadi semakin baik.

Namun  terkadang hati ini miris, jika melihat disekitar kita banyak generasi usia produktif yang tidak produktif. Banyak pengangguran disana-sini, padahal sebetulnya banyak dari mereka yang memiliki potensi bagus. Lagi-lagi alasannya adalah terbatasnya lapangan pekerjaan. Apakah untuk bisa produktif dan punya penghasilan stabil, satu-satunya cara harus dilakukan dengan bekerja menjadi karyawan?

Jaman dulu jawabannya mungkin iya.  Saat itu akses teknologi dan informasi belum marak seperti sekarang. Untuk berwira usaha juga terkendala modal. Sedangkan saat ini hambatan modal tidak menjadi halangan. Karena teknologi dan informasi yang marak sangat mendukung untuk majunya proses wirausaha. Kita dengan mudahnya mencari tahu apa kebutuhan dan selera pasar, tentunya disesuaikan dengan modal dan potensi yang kita miliki. Jadi walaupun modal uang yang dimiliki  sangat terbatas, itu tidak menjadi faktor penghalang yang utama.

Oleh karena itu sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah sepantasnya jika kita mempunyai semangat berwira usaha, tidak mengandalkan lapangan kerja yang ada. Justru sebaiknya kitalah yang menciptakan lapangan kerja. Kita gali potensi apa yang kita miliki, atau yang belum menonjol tetapi bisa kita pelajari dengan mudahnya dengan mengakses teknologi dan informasi yang ada.

Masyarakat Indonesia terutama generasi muda, kalau kita amati sebetulnya mempunyai banyak potensi. Mereka banyak yang bergerak di sektor riil. Sektor riil adalah sektor usaha kecil yang ada dimasyarakat, terutama rakyat kecil. Contohnya pertanian, pertambangan, industri (termasuk industri di bidang fashion, aksesoris dan pakaian) dll. Sektor riil itu sendiri mempunyai peran sangat penting dalam sistem perekonomian Indonesia. Faktor  yang berpengaruh kuat didalamnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM).


Saat ini di sosial media, banyak sekali rekan-rekan yang memposting hasil karya mereka dan menawarkannya untuk dijual. Yang paling saya sukai dari postingan mereka adalah, postingan tentang fashion, aksesoris dan pakaian. Antara lain tas, baju, hijab, aksesoris rambut,sepatu/sandal lukis/etnik dan lain-lain hasil karya mereka sendiri. Menurut saya kualitasnya bagus, cukup layak juga jika dijual ke pusat perbelanjaan.


Posting di sosial media cukup membantu untuk memperkenalkan produk. Modal yang terbatas, sudah tidak menjadi masalah yang utama lagi, karena banyak elemen biaya yang bisa dipangkas, contohnya sewa tempat, kebersihan, listrik, karyawan dll. Modal bisa dimaksimalkan untuk pembelian bahan baku dan pulsa internet untuk berpromosi.

Dari promosi tersebut, banyak yang sudah bisa menghasilkan omset tinggi, namun ada juga yang belum. Yang belum menghasilkan omset tinggi, saya amati ada juga dari mereka yang menyerah, karena dirasa usahanya tidak berhasil.  Teman-teman, sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, yuk jangan mudah menyerah. Jangan jadikan kegagalan sebagai alasan untuk malas berusaha, tetapi mari kita berusaha mencari solusi dari permasalahan yang ada. Kita cari informasi sebanyak-banyaknya, ingat kita sekarang ini hidup di jaman dengan teknologi dan informasi yang sudah canggih.

Nah, saat ini melalui  “Ralali B2B Marketplace” dengan websitenya www.ralali.com , teman-teman yang ingin melakukan ekspansi, akan bisa sangat terbantu. Karena Ralali menawarkan solusi lengkap, praktis dan mudah bagi teman-teman yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui online.

Apa itu ralali.com ? Tak kenal maka tak sayang, Mari kita sekarang berkenalan dengan Ralali. Ralali.com adalah platform marketplace B2B terbesar di Indonesia, didirikan pada tahun 2013. Ralali mempertemukan penjual dan pembeli untuk bertransaksi online secara bulk atau grosir, yang memberikan kemudahan proses transaksi jual-beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu Seller dan Buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, dan transparan. Ralali menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya.

Mengapa harus ralali.com dan bukan marketplace yang lainnya, apa yang membedakan?  Business to Business (B2B), sebuah transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya. Misalnya Pengusaha interior dengan pemilik cafe, Pemilik usaha Ban dengan Pemilik usaha Bengkel Mobil , Pemilik usaha fashion, aksesoris dan pakaian (pembuatnya, dalam hal ini rekan-rekan saya yang suka memposting hasil karyanya di sosial media ) dengan pemilik butik , dll.


Konsep tersebut yang membedakan B2B dengan markeplace lain seperti bukalapak, Olx, Tokopedia dengan konsep C2C (Customer to Customer), atau B2C (Business to Customer) seperti Zalora, Bhinneka, Lazada, dll.

Saat ini ralali sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Ralali  menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & CafĂ©), dan lainnya . Menyediakan beragam kategori produk mulai dari Automotive Equipment, Electrical, Environmental, GPS, Machine Tools, Medical Devices, Power Tools, Safety Equipment, Sanitary, Test and Measurement, Work Tools, dan Home and Kitchen Appliances. Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalangan end-user.


Saya jadi terpikir, jika rekan-rekan saya yang mempunyai hasil karya dibidang fashion, aksesoris dan pakaian  tadi memasarkan produknya melalui ralali.com tentunya bisa mengingkatkan omset mereka. Ekspansi usaha mereka akan terwujud melalui “Ralali B2B Marketplace”. Produk-produk hasil karya mereka bisa masuk ke butik-butik ternama di pusat perbelanjaan besar.

Dari pihak pembelinyapun, dalam hal ini butik lebih percaya jika melakukan kulakan atau grosir melalui ralali. Karena banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh pembeli, yaitu aman, mudah, transparan dan terpercaya.

Karena menurut saya saat ini usaha fashion, aksesoris dan pakaian , masih mempunyai pangsa pasar yang cukup bagus dan luas. Karena bidang tersebut boleh dikatakan merupakan salah kebutuhan pokok sehari-hari yaitu sandang. Untuk menunjang penampilan, ditambah lagi dengan aksesoris seperti tas, hiasan rambut, sepatu dan lain-lain, sudah menjadi hal yang wajar untuk saat ini.

Tidak hanya wanita usia produktif. Wanita segala usia dan Priapun untuk saat ini banyak yang tidak mengesampingkan urusan penampilan. Tidak harus mewah memang, namun bagaimana membuat diri tampil rapi dan menarik, sehingga mendukung karier atau bisnisnya.

Melalui ralali.com untuk memulai membuka sebuah usaha menjadi semakin mudah, karena:

Memiliki halaman Website sendiri:
Di Ralali.com, Penjual diberikan fasilitas untuk memiliki halaman website sendiri yang dapat disesuaikan dengan produk-produk yang dijual. Dilengkapi dengan sistem manajemen transaksi dan pengaturan produk sesuai dengan kebutuhan.

Jaringan Luas ke seluruh Indonesia:
Ralali.com akan memperluas jangkauan bisnis penjual hingga ke seluruh Indonesia. Dilengkapi dengan sistem yang canggih dan didukung dengan pilihan ekpedisi terpercaya untuk memudahkan pengiriman ke setiap wilayah di Indonesia.

Promosi online dan pameran:
Ralali.com juga membantu pemasaran produk-produk baik di kanal online maupun pameran industrial. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi penjual untuk berpartisipasi menampilkan produk dan brandnya.

Jadi, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat jika berjualan di ralali, yaitu:
-Bebas biaya  komisi
-Halaman personal untuk penjual
-Pembayaran aman
-Promosi online dan pameran
-Seller incubator gratis
-0% biaya komisi tanpa margin
-Jasa ekspedisi pengiriman keseluruh Indonesia
-Gratis kemasan kirim dengan Ralali Stater Pack
-System Escrow dan transaksi offline
-Operational care team

Untuk penjelasan secara lengkap dan terperinci, silahkan kunjungi website www.ralali.com

Dengan keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh ralali tentunya sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mempunyai penghasilan, tidak ada alasan lagi tidak ada lowongan kerja. Mari kita mencoba berwirausaha. Semua kalangan yang mempunyai usaha disektor riil bisa sukses bersama “Ralali B2B Marketplace, tidak terbatas oleh umur, jenis kelamin, tempat tinggal dll. 

Apalagi para generasi muda, tinggal bagaimana menggali potensi yang ada serta mempelajari sistemnya dengan baik lalu menjalankannya dengan fokus. Bersama ralali , para generasi muda penerus bangsa berjuang memajukan perekonomian Indonesia.

(Keterangan: foto-foto merupakan hasil karya teman, dan sudah diijinkan untuk dipublikasikan.)


#ralalib2bmarketplace
#sumpahpemuda

4 komentar:

  1. Tulisan yang menginspirasi...

    BalasHapus
  2. wah kreatif banget ya hasil karyanya. anak muda jaman sekarang memang harus lebih kreatif kalo gak mau jadi pengangguran ^^ semangattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, kalau bisa kita yang menciptakan lapangan pekerjaan.

      Hapus